Home Serba cara • Tahapan dan Cara Update BIOS Acer Terbaru

Tahapan dan Cara Update BIOS Acer Terbaru

 - 

Cara update BIOS Acer memang tidak sembarangan, dalam kenyataannya perlu banyak persiapan bahan maupun mental keberanian untuk melakukannya. Jika tidak benar-benar paham tentang seluk-beluk komputer sebelumnya lebih baik menyerahkannya pada orang yang bisa melakukannya karena jika terjadi kegagalan akan sangat fatal sekali.

Sebetulnya cara update BIOS Acer ini sama seperti cara update BIOS lainnya karena memiliki metode yang sama, yang membedakannya adalah firmware dan kebutuhan bahan lain.

Bagi Anda yang ingin mengupdate sistem BIOS pada versi yang lebih baru lagi bisa melihat dan melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk menghindari kegagalan yang terjadi.

Biasanya update BIOS dilakukan saat ada perubahan hardware yang dipasang seperti processor, RAM, penambahan slot PCI dan masih banyak lagi.

Jika gagal dalam proses update ini akan menyebabkan layar laptop menjadi blank atau tidak menyala. Walau nantinya masih bisa diselamatkan dengan cara restorasi sistem BIOS yang nantinya akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Kegagalan kecil terkadang hanya sebatas flash failure yang terdapat kode erornya tersendiri. Berikut ini langkah-langkah persiapan dan cara update BIOS Acer tersebut.

Persiapan Sebelum Update BIOS Acer

cara-update-bios-acer-1

  • Persiapan pertama adalah harus mengetahui dahulu versi sistem BIOS yang saat ini dipakai agar bisa tahu apakah butuh update BIOS atau tidak. Caranya dengan menekan tombol windows + R kemudian ketikkan msiinfo32 lalu klik Center
  • Perhatikan pada baris BIOS Version/Date tertulis “xxxx Technologies LTD vx.xx, catat versi tersebut agar bisa tahu update firmware yang tersedia nantinya
  • Lakukan backup dahulu data penting yang ada di System harddisk sehingga untuk jaga-jaga jika harus melakukan instal ulang
  • Pastikan tidak ada kesalahan sambungan listrik atau jika ada sediakan cadangan listrik seperti UPS
  • Refresh posisi komputer saat ini dan jika diperlukan matikan software yang memberatkan komputer

Cara Update BIOS Acer

cara-update-bios-acer-2

  • Ambil bahan-bahan yang diperlukan yaitu firmware update BIOS Acer di acer.com/ac/en/ID/content/support dan pastikan firmware tersebut cocok untuk spesifikasi tipe Anda
  • Jika sudah dipilih tipe yang tepat bisa memindahkannya ke harddisk laptop Anda
  • Ekstrak dan jalankan file update firmware tersebut, jika diminta menggunakan akun administrator bisa diklik kanan dahulu kemudian run as administrator
  • Biarkan proses berjalan sampai selesai hingga laptop Anda melakukan restart sendiri
  • Cek kembali versi BIOS yang sudah terinstal baru dengan cara yang sama seperti langkah cek versi sebelumnya
  • Jika sudah berubah versi dan bertambah tinggi berarti keseluruhan proses sudah selesai

Kegagalan Saat Update BIOS Acer

cara-update-bios-acer-3

Biasanya ada kegagalan saat proses flashing sistem BIOS tersebut namun bukan kendala yang begitu buruk. Jika tampilannya hanya eror “Flash BIOS Fail. (0x4D0)”  Anda tidak perlu khawatir karena dalam proses instalasi firmware tersebut mengharuskan Anda untuk memasang kabel charger walau dalam keadaan baterai yang penuh sekalipun. Maka dari itu perlu disambungkan agar nantinya proses kembali lancar.

Itulah langkah mudah cara update firmware BIOS Acer yang bisa Anda lakukan sendiri. Sebaiknya ikuti langkah demi langkah agar tidak ada kegagalan proses yang terjadi. Jika memang butuh cepat namun terjadi eror maka salah satu solusinya bisa membawanya ke servis laptop atau komputer dekat tempat Anda.

Menurut pengalaman beberapa kali update BIOS tidak terjadi masalah yang begitu berarti. Hanya eror flashing yang meminta untuk menancapkan kabel Power saja pada laptop.

Author:webmaster