Home Serba cara • Teknologi Mesin Absensi Kartu Magnetik Paling Baru

Teknologi Mesin Absensi Kartu Magnetik Paling Baru

 - 
mesin absensi kartu

Teknologi mesin absensi kartu magnetik paling baru tentu sangatlah membantu dan mempermudah penggunanya. Adanya kemudahan teknologi pada mesin absensi jenis ini tampaknya semakin membuat banyak perusahaan beralih menggunakannya. Mulai dari perusahaan berskala besar hingga bahkan sampai dengan perusahaan berskala kecil. Jika semula absensi dilakukan secara manual kini dengan adanya teknologi canggih maka absensi berubah menggunakan mesin. Mungkin beberapa orang masih belum mengenal betul bagaimana operasionalisasi mesin ini dan seperti apakah mesin absensi tersebut.

Kombinasi antara mesin absensi manual dan digital

Pada dasarnya mesin absensi ini merupakan suatu kombinasi antara mesin absensi manual dan mensin absensi digital. Mesin absensi manual mungkin lebih sering disebut dengan mesin ceklok yang menggunakan kartu jam hadir. Sedangkan mesin absensi digital lebih mengacu pada sistem komputasi berteknologi lebih canggih yang digunakan pada proses absensi. Keduanya ini dikombinasikan hingga terwujudlah suatu mesin absensi dengan menggunakan kartu magnetik. Mesin absensi ini akan membantu Anda dalam hal ceklok atau memberikan informasi mengenai jam kehadiran Anda. Kemudian dengan bantuan teknologi canggih maka jam kehadiran Anda ini akan tersimpan di data lembaga dengan bantuan dari software atau aplikasi tertentu.

Penggunaanya mudah

Mesin absensi berjenis kartu magnetik atau megnetic card ini sebenarnya bisa digunakan dengan mudah. Mungkin pada awalnya Anda merasa kebingungan bagaimana cara menggunakan mesin ini. Namun dengan adanya sedikit pengarahan maka Anda tentu akan sangat mahir dalam menggunakan mesin absensi jenis ini. Kemudahan ini ditunjukkan dengan adanya sistem absensi yang sebenarnya tergolong sederhana walapun absensi menggunakan peralatan berteknologi canggih. Dalam hal ini Anda hanya perlu menggesekkan kartu absen Anda ke mesin. Atau Anda bisa juga men-tap kartu absen tersebut. Dengan menggesekkan atau men-tap kartu absen milik Anda maka data yang meliputi jam kehadiran Anda akan terekam atau tersimpan di file absensi lembaga perusahaan.

Membutuhkan ID card

Sudah tentu mesin absensi magnetic card memerlukan sebuah kartu untuk dideteksi. Oleh karena itu setiap pegawai di sebuah perusahaan yang menggunakan mesin absensi jenis ini haruslah memiliki ID card. Jadi pegawai yang tidak memiliki ID card tentu saja tidak bisa melaporkan jam kehadirannya. Sebab memang proses absensi dalam hal ini dilakukan dengan menggunakan mesin berbasis kartu atau ID card. Oleh karena itu Anda atau setiap tenaga kerja lainnya disarankan agar tidak sampai lupa membawa ID card saat berangkat kerja. Sebab jika ID card tertinggal maka di hari itu Anda tidak akan bisa melakukan proses absensi sehingga Anda dinyatakan tidak hadir.

Teknologi mesin absensi kartu magnetik paling baru yang kini mulai banyak digunakan oleh beberapa perusahaan tentu memiliki keunggulan atau kelebihan tertentu. Salah satunya adalah adanya kemudahan proses absensi yang dilakukan oleh setiap tenaga kerja di sebuah perusahaan. Di samping itu data kehadiran tenaga kerja dapat tersimpan secara langsung di data perusahaan. Bahkan proses ini berlangsung dalam waktu hitungan detik saja sehingga mesin absensi jenis ini dipandang bersifat lebih praktis. Terkadang kartu atau ID card yang digunakan untuk menjalankan proses absen tersebut juga bisa digunakan sebagai kunci pintu ruangan. Jadi Anda bisa membuka ruangan Anda dengan menggunakan ID card milik Anda sendiri. Tentu hal ini membuat pekerjaan Anda menjadi lebih praktis.

Author:Friska